Sandiwara Radio…,nasibmu kini….

Baru saja saya berniat hendak beranjak ke “belakang” untuk menunaikan tugas alam., bunyi beep Blackberry saya seperti sejenak menunda hajat…

Whoooaaaa…,apa apaan ini..!!!! kok saya seperti pernah liat pic itu..,sejenak saya berpikir…tidak biasanya teman saya mengirim message berupa pic…,hmmmm..,ada apa gerangan..?hehhehe….

batman

Selidik punya selidik, rupanya sang teman berkamsud untuk unjuk rasa… Sekedar menyuarakan aspirasi kegundahan dan kekecewaan..wah., ga mudeng blas..! Dan juga berniat mengajak CLBK…!!! Waduuuh..ya bakal gaswat kalo sampai terjadi di dunia amor.. Lha mau dikemanakan orang rumah tercintah…hehehehe….
Lha.,terus apa hubungannya sama pic tadi? Bukankah itu Robin van Batman.,tokoh fiksi superhero made in Uncle Sam?

Begini ceritanya…
Belakangan ini sang teman rupanya agak kecewa bin kesal…marah mendekati murka. Lha kenapa? Apa pasal?! Ternyata… Sebagai penikmat sinetron kolosal Tutur Tinular, dia merasa geram dgn sang pembuat visual. Ketika alur cerita sudah jauh melenceng dari yg seharusnya. Bahkan seperti mengada ada, dan cenderung dipaksakan. Mosok…ada adegan Mak lampir segala., burung bisa ngomong lah., muncul Batman lah.,dgn diselingi lagu ala Bollywood lah… Benar-benar ga masuk akal sehat..eh,akal naskah. Sekedar tau saja, bahwa sinetron Tutur Tinular yg tayang di salah satu stasiun tv itu, naskah nya diangkat dari sandiwara radio yang dulu sangat melegenda. Yaap… Sandiwara radio dengan judul yg sama, buah karya S.Tijab.

Sandiwara_Radio_Tutur_Tinular
Oalaaaahhh…ya pantes saja…doski kuciwa…lha wong visualisasinya saja ga sesuai naskah… Kenapa saya bilang ga sesuai..?! Alkisah… Dulu sekali… saya dan teman saya itu..suka dan hobby mendengarkan sandiwara radio. Apapun akan dikorbankan hanya untuk terpekur di depan radio. Sungguh..sandiwara radio itu begitu menghipnotis kami..Karena cuma radio lah media hiburan satu satunya. Masih jarang yang punya tv walaupun hitam putih sekalipun. Dan kalau menonton tv.,itu pun di rumah kepala desa, balai desa tepatnya… Apabila pas hari tayang Ketoprak di tv., maka kami sekampung berduyun duyun menyerbu balai desa., dengan obor yg menyala nyala…maklum adanya.,kampong kami waktu itu belum ter-strom PLN.
Balik ke sandiwara radio…
Jaman kami bocah dulu..kurang lebih era 85an lah., sandiwara radio seperti oase ditengah kegersangan hiburan kami…ada banyak sekali tittle sandiwara radio..diantaranya Tutur Tinular tadi. Juga ada Saur Sepuh..dgn tokoh utama Brama Kumbara…ini sangat masyur..

saur-sepuh1
Ada lagi Misteri Gunung Merapi…dgn Sembara dan Mak Lampir sbg tokoh utama…dan masih banyak lagi…
Sandiwara radio itu seperti mengajak kami menyeberang negeri antah berantah.. Imajinasi kami bertebaran..dan mungkin beda. Bisa jadi bayangan kegagahan Arya Kamandanu versi saya.,berbeda dengan imajinasi sampeyan.. Sangat mungkin berbeda.,manakala mengira-ira kebinalan Dewi Sambi dan kekejaman Mpu Tong Bajil,.. Seperti kedahsyatan Jurus Naga Puspa,misalnya…lucunya..kala itu kami ilustrasikan,walaupun cuma mematahkan dahan kering….hahahaha..tapi disinilah daya magisnya is sandiwara radio.
Dan…tak lama muncul film film yg diangkat dari sandiwara radio tersebut. Walaupun.. tidak/belum sepenuhnya mengejawantahkan isi imajinasi kami…
Setidaknya..selama acuan nya jelas. Naskah asli sandiwara radio tersebut..not bad lah…
Dari situ…Agaknya…saya pun maklum adanya tentang kekecewaan teman saya itu… Ketika tayangan hanya sekedar jadi,dan mengejar angka angka rating…sangat bisa jadi terjadi pemaksaan cerita..pengaburan nilai nilai.. Dalam kasus Tutur Tinular., ada muatan sejarah di balik tokoh fiksi Arya Kamandanu…tentang sejarah Singasari., tentang sejarah Majapahit… Dan saya berkewajiban menuturkan sejarah itu kepada anak anak saya kelak…

Last… Muncul pertanyaan saya..kemanakah sekarang pejuang pejuang suara.,penggiring imajinasi? Dimanakah gerangan sepak terjang Sanggar Prativi? Sebagai penikmat sandiwara radio., tentunya saya kangen dan berharap CLBK saya sukses bersemi.
Sekarang…di era gadgetnisasi dan onlinenisasi…sepertinya kok ga ada.,atau saya yg ga tau..kisah kisah sandiwara radio….
Oooooohhhh….
Sandiwara radio….nasibmu kini….
Ciaaaaaaaaaatttttt……..

4 responses to “Sandiwara Radio…,nasibmu kini….

  1. Tutur tinular versi 2011 ,membutakan generasi akan sejarah
    Bpk s tijab apa terima ya karya besarnya di buat mainan kayak gtu
    Apa memang sudah dpt izin dr Beliao
    Kalo memag dpt izin dari P stijab aduk kecewa seluruh peminat TT

Leave a Reply

