Inikah ulah dealer nakal…???!

Dua hari yang lalu, saya benar-benar menghadapi kenyataan setengah pahit.. Karena tak tahan mendengar jeritan hati sang kuda besi.,saya memutuskan membawanya ke sebuah klinik pengobatan khusus bagi peminum BBM ini aka bengkel. Pilihan saya jatuh ke sebuah Dealer resmi..dan itu bukan tanpa pertimbangan tentunya. Selain lokasinya yang dekat dengan kantor…juga you know lah..biasanya yg resmi-resmi itu sepertinya lebih nyaman..aman terkendali.

Langsung ke TKP…siang itu divisi bengkel aka service agak sepi. Line service yg sekitaran 7 space…terisi hanya 2 motor yg perlu penanganan. Sedikit gamang dan berat hati…jika melihat bengkel yg pasien nya tidak antri alias sedikit. Berbagai praduga miring bertebaran memenuhi isi kepala. Tapi…sudahlah..,bergegas saya menghampiri mekanik dan menyampaikan keluhan tunggangan…dan sang montir pun dengan gaya manggut-manggut..cepat merespon dengan mengeluarkan tool lengkap..dan dimulailah pembedahan ringan. Yaaa..sekedar penggantian part kampas kopling.

servis servis 1

Sementara motor dalam pengobatan..saya menunggu sambil lihat-lihat (brosur) motor yg terdisplay rapi. Yah..namanya lihat ga bermaksud beli…tetep rasane ga semangat blas. Kecut rasa dompet melihat motor cakep bertebaran.hehehee… Tak menunggu lama…akhirnya perbaikan motor saya selesai. Segera saya bergegas ke kasir. Apaaaaaahhhh….!!! Terperanjat saya melihat total nominal yg musti saya tunaikan..

dealer

Ediiyaaan tenan..!!! Tak ragu saya pun mencoba mengklarifikasi kan ke kasir tsb…dan jawaban sang kasir tetap tak bergeming..“Memang segitu pak harganya”. Dalam kegalauan…saya pun (dengan berat hati tentunya) membayar lunas…dan perlahan terdengar tangisan dari dalam dompet…. Wasyeeeem…!!!

Sesampai di kantor…cepat sekali tangan mengarahkan kursor mouse ke sebuah site ATPM. Scrolling…dan whoaaaaaaa…terdapat perbedaan harga yang cukup signifikan antara Dealer dengan Pabrikan. Ini pemerasan.!!! Tak bisa didiamkan..!!!

part catalogue

Berbekal print out dan data valid dari site pabrikan…bergegas saya kembali ke dealer tersebut. Saya harus klarifikasi kan hal tak enak ini..kalau perlu sama GM nya. Bersiap saya akan melakukan diplomasi stadium akhir…. Dan singkat cerita…uang yang menjadi selisih memang kembali ke tangan saya yg berhak..dan dompet saya pun kembali tersenyum…hehehe…

Sebenarnya atas kejadian ini bukan uang yg membuat saya kecewa…tapi sebentuk niat nakal dealer untuk membodohi dan mengelabui konsumen. Entah apa yg terjadi jika hal ini menimpa saudara kita yang papa…tukang ojeg misalnya…yang kadang buat nutup setoran harus menambah jam mangkalnya.,dalam keterpaksaan pengadaan motor sebatas fungsional…(Maaf..kepada saudara saya tukang ojeg…anda saya jadikan hanya sebagai ilustrasi)…Atau jika menimpa saudara kita commuter lintas Jabodetabek yg motornya mendadak trouble…wis ra iso komplen…lha wong adoh(jauh).

So…jika sampeyan mengalami kejadian mirip-mirip diatas…segeralah selesaikan dengan asas kebenaran dan tentunya berdasar data valid. Dan kalau dirasa perlu…sampaikan keluhan sampeyan ke pihak ATPM terkait. Saya yakin…terlalu beresiko jika pabrikan mengabaikan komplain konsumen…karena ini menyangkut nama besar dan harga diri sebuah brand.

Ingatlah…

“Karena nila setitik, rusak susu sebelanga”.

Think smart!

8 responses to “Inikah ulah dealer nakal…???!

  1. bagus itu bro….berani komplain, terkadang banyak orang cuma diam, ngedumel aja kalo pas kena apesnya…..masih banyak kejadian, yg mirip…baik dibengkel resmi ataupun tidak resmi, karena mentang2 kita konsumen jadi ditipu mentah2

    • Sebenarnya kalo masih dalam batas “wajar” sih masih bisa di maklumi, tapi kalo sudah kebangetan banget…ya itu berpulang ke diri kita masing masing…mau komplain atau nrimo saja. Suwun atensinya

Leave a Reply

