Biker Hantu…

Ghost_rider

Waaahhh…opo kuwi..? Biker hantu..? Serem amat ya?!Sebenarnya apa dan siapa sih, biker hantu itu? Mari kita tangkap…ini murni menurut versi saya lho ya…berdasarkan pengamatan dan pengalaman. Dan tidak bermaksud menjustifikasi secara personal.

Menilik dari nama, sifat dan tabiat… hantu ini kedatangan nya seenaknya saja…tidak terduga dan cenderung misterius. Suka akan kegelapan dan marah kalau dibacakan ayat ayat suci. 😀

Nah, dalam hal permotoran…biker yang gimana sih yang termasuk kategori biker hantu itu…?

1. Tidak menyalakan lampu utama malam hari.

Tersamar keberadaanya…tak sempurna indera penglihatan menangkapnya.Kontradiktif dari dua sisi yang berbeda. Bagi hantu…jelas dia yang mengendalikan situasi…karena dia mengetahui keberadaan kita. Akan tetapi bagi biker (berlampu) dari arah yg berlawanan…hal ini bisa mengurangi zona aman dan beresiko celaka. Resiko lebih tinggi…jika titik pertemuan berada di tikungan. Disaat konsentrasi kita tertuju untuk rebahan aka kornering…lha kalau tiba-tiba makbedunduk…nongol hantu ini…buyar sudah dan pasti gelagapan dibuatnya. Ini jelas bahaya.! Tentunya kita kalo boleh berharap…adalah menyaksikan bila hantu ketemu hantu… 😀 mak gabrus…! Wis bar…! :mrgreen:

biker setan

2. Selonong boy…

Baik saat masuk jalur utama maupun ketika akan berbelok kanan atau kiri…dengan tidak memberikan isyarat…baik isyarat dengan lampu sign atau isyarat tangan. Kebayang ga sih…saat kita riding tiba-tiba… mak kluwer…hantu menggunting riding line kita. Yang membuat kita kadang meradang adalah saat kita berusaha menetralisir keadaan…sang hantu malah cuek seakan tidak ada kejadian. Asli jiaan kepengin mbalang boto tenan! :mrgreen:

sikaaat

Juga termasuk adalah biker penyerobot traffic light aka lampu merah! Ketika traffic light sedang menyala hijau pun bukan jaminan kita bisa melenggang dengan aman. Malahan kita musti ekstra waspada mengantisipasi kemunculan si hantu.Ini adalah sifat dari hantu yang kedatanganya seenake udele dhewe. :mrgreen:

3. Lawan arah.

motor-lawan-arus-300x250

Saya pernah mengalami terjebak kemacetan ruaaar biasa….Apalagi saat itu cuaca benar benar seperti hendak mendidihkan isi kepala.. Jiaaan puanaass pooll.! Wedyiiaan tenan…Jalur sepanjang +- 5km yang biasanya dalam arus normal cukup ditempuh 5-10 menit..sukses dilewati dalam 1jam saja..! :mrgreen:

Damn!!! Lha opo tumon?!

Penyebabnya adalah terjajahnya jalur oleh Pemotor lawan arah! Kebanyakan beralasan…u turn alias puter baliknya kejauhan lah…telat ngantor lah…istri melahirkan lah dan bla bla… :mrgreen: Tapi menurut saya sebenarnya cuma satu alasan yang masuk akal yakni MALAS! Termasuk dalam kategori ini adalah biker yang menggilas trotoar dan jembatan penyeberangan.

jpo

Please deh…kalaupun kita terjebak di kemacetan…ya nikmati saja. Toh pada saatnya kita nyampai tujuan juga. Jangan sampai karena ulah sembrono kita malah merugikan dan menyengsarakan orang lain. Tentunya kita masih ingat tentang trotoarian yang begitu gigih membela hak bagi para pejalan kaki kan? Mungkin itu adalah akumulasi kegeraman atas perilaku sebagian dari kita yang kumaha aing mah tanpa sedikitpun ada perasaan bersalah. :mrgreen:

Itulah mungkin beberapa ciri dan tanda dari biker hantu. Sila bagi yang berniat menambahkan.

Lha njur piye ki…solusinya?

 Saya teringat dengan penggalan kalimat dari Gus Mus

gusmus

Setiap kali kita membicarakan perbaikan keadaan, selalu akhirnya ditanyakan “Darimana kita harus memulai perbaikan ini”? Dan saya selalu menjawab, “Ya, dari diri kita sendiri!”

So…motor kita sudah sangat keren…fisik kita sebagai manusia ciptaan Tuhan sungguh teramat sempurna. Adalah sikap dan tindakan terpuji diri sendiri yang melengkapi agar menjadi kan berharga. Lupakan ego sesaat. Ingatlah…semuanya ada porsinya sendiri sendiri. Biker tetap menapak kan ban motornya di jalurnya…jg pejalan kaki sudah ada tempatnya sendiri. Jangan saling mengintimidasi. Tenggang rasa dan tetap hormat menghormati. Toh…ga ada ruginya bila kita tetap menjunjung tinggi moralitas berkendara.

Motor okee…safety gear okee…ditambah attitude okee…ini baru mantaaaaaafff..!

Pun demikian dengan pejalan kaki. Menyeberanglah di tempat yang seharusnya. Kalaupun harus memotong arus lalulintas…usahakan tetap fokus ke jalan. Beberapa biker mengeluhkan sikap beberapa penyeberang jalan yang kadang cenderung sembrono. Main HP…lelet…dsb…termasuk menerobos pagar pembatas.

JPO 1

JPO 2

JPO yang dibangun dengan uang pajak yg notabene kita jg yg bayar..terlalu tragis jika tidak kita manfaatkan sesuai peruntukan nya. Kita memang hidup di jaman sekarang yang menuntut segalanya berjalan serba cepat. Tapi seenggaknya aturan dan kaidah tetap harus kita taati. BERSAMA.

Mari berhenti melemparkan tanggung jawab dan mengkambing hitamkan masalah. Kalau kita bisa mensinergikan persepsi dan pandangan…tenaga dan fikiran ekstra keras…bukan tidak mungkin segala karut marut itu perlahan akan berganti keindahan. Semoga…kita sudah teramat lelah berhadapan dengan kesemrawutan yang notabene kita bikin sendiri.

Mari nikmati secangkir kopi dan “ngudud”. 😀

Advertisements

9 responses to “Biker Hantu…

  1. Pingback: Beberapa tipe pemotor yg perlu diwaspadai… | Muda Grafika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s