And…The instant STNK extension service called Drive Thru…

Sebenarnya sudah lama saya penasaran dengan pelayanan yang katanya ekstra cepat ini. Drive Thru. Sistem pelayanan perpanjangan STNK dengan processing yg simpel dan cepat. Katanya…tak perlu repot-repot mengisi formulir perpanjangan. Katanya…tak perlu menunggu lama di antrian. Katanya…cukup duduk diatas motor saja. Kata katanya itu sungguh mengundang penasaran saya berlapis lapis. 😀 Nah…berhubung si hitam silver saya sudah jatuh tempo (telat 4hari malahan :mrgreen: ) perpanjangan masa hidupnya, saya pun dengan antusias bergegas mendatangi kantor samsat.

Samasat Jakarta baraat 2

Berlokasi di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat, area Drive Thru mengambil posisi di depan, setelah gerbang masuk…ini masih satu komplek dengan Kantor Samsat Bersama Jakarta Barat. Mengingat masa jatuh tempo STNK sudah habis alias telat 4hari…saya berinisiatif untuk mem fotokopi berkas-berkas terlebih dahulu. Hanya langkah antisisapi saja. Siapa tau saya tidak berhasil mendapatkan pelayanan Drive Thru, jadi tak repot lagi memfotokopi lagi. :mrgreen:

Saya datang sekitaran jam setengah 11 siang dan sudah tampak beberapa antrian Drive Thru ini. Sebelum saya benar-benar ikut meramaikan antrian Drive Thru…saya bergegas menjumpai sesiapa yg kira-kira bisa ngejawab keraguan saya tentang “Apakah kalo telat 4 hari bisa di layani di Drive Thru?” Petugas potong rumput taman yang saya isengi bertanya, menjawab “Bisa Pak, asal jangan lewat 1 tahun” Oke… tak puas dgn jawaban tukang kebun, saya bertanya kepada tukang parkir dan dijawab dgn jawaban yang sama. Masih belum yakin, saya menjumpai petugas yg sebenarnya. Dan keraguan saya terjawab “Bisa, asalkan tidak lewat 1 tahun”

Dan sekarang saatnya saya ikut meramaikan barisan para pengantri Drive Thru. O,ya apa saja sih syarat-syaratnya? Cek kelengkapan berkas berikut:

Muda Grafika for WordPress Drive Thru 1

1. BPKP asli

2. KTP asli

3. STNK asli

4. Kendaraan Hadir asli 😀

Eh, ternyata masih ada sebagian dari pemohon layanan ini yang belum paham aturan main nya alias di tolak! Ada yang masa STNK udah kadaluwarsa alias musti ganti plat nomor, ada yang musti balik nama dulu,  karena Ktp bukan atas nama di BPKP dll. Kasihan sebenarnya…sudah capek antri malah kuciwo… 😀 Jadi, intinya…STNK, BPKB dan KTP harus atas nama satu orang!

Lha, kalo motor masih kredit kan BPKB masih di leasing, itu bisa ga? TIDAK BISA! Bisa diproses tapi tidak melalui Drive Thru. Melalui sistem ordinary yg masih perlu mengisi formulir dll…dan itu biasanya…lamaaaaaa. :mrgreen:

Selama dalam antrian…sampeyan akan dihibur dengan musik ala kadarnya yg keluar dari loudspeaker property Drive Thru…dan secara kebetulan pula saya saat itu di hibur dengan gamelan gending Jawa…:D lhah…malah dadi ngantuk sisan. 😀

Muda Grafika for WordPress Drive ThruMuda Grafika for WordPress Drive Thru 2

Nah…kini tibalah giliran saya. Layanan Drive Thru ini terdiri dari dua loket. Loket pertama untuk penerimaan berkas sedangkan loket kedua untuk pembayaran. Dan…asli bukan sulapan. 😀 Tak sampai 3 menitan perpanjangan STNK si hitam silver saya sudah selesai. Jiaaann…mantep tenan ki 😀 Selanjutnya saya mengecek, apakah saya kena 12 pass alias pinalti alias denda karena saya sudah melewatkan masa jatuh tempo perpanjangan 😀

Muda Grafika for WordPress Drive Thru 3

Jujur saja, saya sebenarnya ga gitu paham itung-itungan matematisnya 😀 Mungkin saya memang harus bertanya kepada juragan TPT. 😀

Terlepas dari itu…ini pelayanan yang menurut saya benar benar klik. Cepat dan tanpa basa basi. Semoga saja sistem ala Drive Thru ini mengilhami pembenahan akan sistem pelayanan publik. Masuk kan berkas, bayar, JADI. Dan harusnya memang seperti itu. Apapun jenis permohonan nya. Entah itu urus KTP, surat pindah, Akte dsb. SEMOGA…!

So…sampeyan mau perpanjangan masa STNK? Sila coba…Drive Thru. 😀

Maju terus Kepolisian Indonesia, Rostro Sewokottomo !

5 responses to “And…The instant STNK extension service called Drive Thru…

  1. mantap nih pelayanannya.

    betul juga tuh kalau KTP, surat pindah, Akte de el el pelayanannya kaya gini

Leave a Reply

