Tips mudik bersepeda motor…

Ramadhan memang baru setengah perjalanan hitungan hari. Tetapi hingar bingar pulang kampung bin mudik makin membahana terdengar. Berberapa hal yang berhubungan dengan mudik perlahan mendadak eksis. Pasar dan mall pun seakaan meramaikan prepared para pemudik ini. Sekedar menyiapkan logistik atawa perlengkapan menyambut Lebaran. Terminal bus, stasiun kereta api bersiap menyambut hajatan besar.

Terutama bagi para perantau seperti saya ini, soal mudik sudah seperti ritual tahunan. Bayangan bisa berkumpul dengan keluarga besar, handai taulan, teman-teman masa kecil yg lama tak berjumpa nyaris menyita sebagian waktu puasa. Banyak yang bilang…lebaran ga mudik sama aja dengan gak lebaran. Alhasil…banyak cara dan trik sebagian perantau agar tetap mengupayakan mudik. Ada yang menggunakan moda transportasi umum semacam Bus, kereta api bahkan pesawat terbang. Bagi yang kebetulan berkelebihan rezeki berupa harta tentu pilihan moda transportasi tidak menjadi soal. πŸ˜€ Nah, menjadi krusial jika soal mudik ini ditanyakan kepada perantau pas-pasan macam saya ini :mrgreen: Jangan tanyakan tiket pesawat, tiket kereta pun hampir tak bersisa di loket. Tiket bus pun mendadak pindah harga menjadi makin tak terjangkau bahkan untuk satu orang. Sehingga saya pun kemudian paham dan maklum…mengapa banyak dan semakin banyak pemudik bersepeda motor.

mudagrafika for wordpress mudik 2

Memang…mudik bermotor ini belakangan menjadi isu nasional. Mengaca pada data fakta…kecelakaan lebih didominasi oleh para motoris. Pemerintah pun mendadak kalang kabut menekan angka tragis itu. Dan walhasil…program program jangka pendek berjudul mudik gratis mendadak bermunculan. Aaaarrgghhh…sudahlah. Mendadak saya tak kepincut membicarakan problematika mudikita negarakita tercinta… πŸ˜€

Nah…ngomongin mudik bersepeda motor, sudah hampir 3 tahun saya melewatkan ritual mbiker. Suka duka mengaspal pantura malah menjadikan ada semacam rasa kangen. Nah…kali ini saya akan bagikan tips mudik bersepeda motor, tentunya berdasarkan pengalaman saya selama melintasi 3 provinsi itu.

So…apa saja yg perlu dipersiapkan:

1. Cek kondisi motor.

mudagrafika for wordpress mudik 4

Ini prosedural standard. Pastikan motor dalam keadaan prima dan siaaap jelajah. Motor kudu sehat wal afiat beserta penunggangnya. Biar mantap jaya… Secara teknikal, sampeyan bisa mendatangi mekanik kepercayaan alias bengkel. Jangan sungkan menyampaikan keluhan si kuda besi. Kalo perlu ganti beberapa part yang vital. Misalnya:
——-Ban
Jangan berkendara dengan kondisi ban yang sudah aus alias gundul pacul. Istilah saya…wis ora ketok gambar kembange.
——- Property
Cek semua piranti wajib pada motor sampeyan. Sound klakson, lampu sein, spion, rem dsb. Ini penting banget sob…soale properti ini adalah media komunikasi kita dengan pemakai jalan lain nya.

2. Jangan mudik malam hari!

mudagrafika for wordpress mudik 1

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, kenapa saya menyarankan untuk tidak memaksakan diri mudik dimalam hari.

A. Jarak pandang yang terbatas.

Sulit mengantisipasi jika ada hal yg tidak kita inginkan. View atau daya jelajah mata terkebiri dgn situasi malam. Susah membedakan antara jalan berlubang dan lubang berjalan. πŸ˜› Apalagi dibeberapa kawasan masih belum dijamah lampu penerangan.

B. Safety / keamanan.

Walaupun memang berkendara malam ini agak adem, namun sampeyan perlu perhatikan dan waspadai andaikata terjadi trouble aka masalah. Baik menyangkut motor ataupun diri. Tentunya akan susah mencari bengkel apabila motor mengalami kerusakan. Juga apabila terjadi sesuatu hal pada diri kita…agak delay menunggu tim rescue.

C. Driver setan.!

Nah…ini sebenarnya buat saya jadi faktor utama. Betapa tidak. Asal sampeyan tau saja…beberapa driver terutama sopir bis malam ini gaya drivernya sungguh menciutkan nyali. :mrgreen: wis pokoke jiaaaan ra karuan. Saya pernah keluar lintasan aka keluar aspalan aka minggir pol berpapasan dengan bus malam dari arah berlawanan yg nyalip tanpa perhitungan. Jiaaaan ciloko tenan. Jika memaksa adu kambing…yo wis pasti nggeblak sigar ndase! :mrgreen:
Biasanya sopir bergaya pembalap ini rutin melayani trayek antar kota jarak dekat. Misalnya Semarang-Cirebon, atau Semarang-Tegal dsb. So…jika ketemu bus malem bertrayek dekat ini…waspadalah!

3. Siapkan bekal dan kelengkapan.

mudagrafika for wordpress mudik 6

———Bekal yg utama dan terutama adalah kondisi fisik dan mental yang On Fire alias fit.! Jangan memaksa berkendara jika sampeyan lagi meriang, panas dingin ataupun sedang galau diputus pacar. πŸ˜€ Sampeyan bakal menempuh perjalanan ratusan kilometer. So pasti daya tahan anti drop musti tetap terjaga seiring dengan bekerjanya sistem tubuh untuk konsentrasi penuh.

———SIM dan STNK adalah wajib.! Selain berfungsi sebagai legalitas berkendara, juga ada asuransi Jasa Raharja menempel di SIM kita. Artinya seenggaknya kita terproteksi jika ada hal yg tidak kita inginkan. Jadi yg blom punya SIM, buruan bikin bro… Bukan karena kita takut polisi, tapi kita bakalan tercover ama Asuransi.

———Jas Hujan. Ini properti tambahan sebagai antisipasi menghadapi musim yg kaga menentu. Dan jangan memakai jas hujan model betmen…model two pieces lebih disarankan.

———Selalu sediakan tool standart (kunci busi, obeng) bila perlu cadangkan part dalam keadaan emergency (busi, kabel kopling, bohlam lampu)

———Sediakan tas pinggang. Ini emergency assistance. Tempat menampung properti diri kita seperti, alat komunikasi, charger, uang saku, surat kendaraan dan identitas diri. Ini berfungsi agar kita mudah menjangkaunya.,jadi tak perlu repot sampai membongkar bagasi kan?!

4. Jangan berboncengan lebih dari 2 orang.

mudagrafika for wordpress mudik 3

Agaknya poin inilah yang menjadi isu krusial bagi pemudik bermotor dan mendadak mendapat perhatian lebih dari Negara. Bayangkan saja…pemudik bermotor ini kadang menantang nyali dengan membebani motor melebihi kapasitas angkut. Yang sering kita lihat, satu sepeda motor kadang dijejali 4 orang belum termasuk barang bawaan. Jiaaaan…kadang masalah ini memang dilematis.

Disatu sisi…pemudik bermotor ini ga punya alternatif lain seiring belum “terjangkaunya” transportasi massal. Dan sebagiam besar juga berpertimbangan masalah ekonomis. Baiklah…mari kita berhitung sederhana saja. Untuk mudik Jakarta-Semarang, tiket kereta api Senja Utama edisi lebaran melonjak menjadi 225 ribu dari yg biasa 120 ribu. Anggap dalam satu keluarga terdiri dari 4 jiwa. Kalikan saja…dan akan ditemukan total 1juta rupiah. Itu untuk satu kali perjalanan. Dan itu boleh diprediksi untuk hari tertentu yg menjadi favorit untuk mudik akan ludes terjual.! Bandingkan dengan sepeda motor. Mungkin hanya dibutuhkan sekitar 200rb sudah sampai dikampung halaman dengan selamat tanda tanya. Jangan tanyakan aspek keselamatan, karena tak akan peduli!

Dan disisi lain…pemerintah berupaya menekan laju jumlah pemudik bermotor ini. Sudah banyak simposium, seminar yg mengangkat masalah ini. Dan seperti biasanya…antisipasi pemerintah cenderung reaktif! Bertindak jika sudah ada kejadian! Maka tak heran…jika segala proyek menyangkut mudik ini terkesan buru-buru, musiman dan tambal sulam. Lihatlah…betapa perbaikan jalan pantura mendadak digenjot habis-habisan. Mendadak digelar rekayasa sistem transportasi. Dan ini memang sudah menjadi tugas pemerintah sebagai penyelenggara Negara. Wis…ra rampung rampung yen ngomongke problematika mudik ini :mrgreen:

Jadi intinya: Jangan mudik bermotor dengan membawa anak-anak! Pokoke kuwi intine!

5. Istirahatlah 2/3 jam sekali.

mudagrafika for wordpress mudik

Ini penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Setengah jam istirahat sudah cukup untuk merefresh kembali kondisi badan. Manfaatkan fasilitas penunjang yang disediakan sepanjang perjalanan. Kalo saya biasanya memanfaatkan jasa pijat gratis.hehehehe… Asli jiaaaan puenak tenan.

6. Menikmati perjalanan.

mudagrafika for wordpress mudik 5

Apapun suasananya, nikmati saja bro. Sampeyan akan berhadapan dengan panas, hujan, ramai, macet. Anggap saja ini perjalanan touring. Jika menyangkut touring, ini masalah hobi, dan hobi itu dasarnya cinta. So…jika udah begini, perjalanan mudik akan terasa menyenangkan, bukan?! Jangan memaksa tempat dan waktu alias terburu-buru bin kesusu. Percayalah…toh pada ahirnya sampeyan akan sampai juga ditempat tujuan. Ya gak?!

Itulah diantaranya beberapa tips seputar mudik bersepeda motor. Sila jika ada yang ingin menambahkan. πŸ˜€
Terakhir…tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, tetap santun dan beretika dalam berkendara. Dan jangan lupa tetap memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selamat mudik. Semoga perjalanan mudik sampeyan menyenangkan dan yang terpenting utamakan SELAMAT sampai tujuan. Amin.

Advertisements

11 responses to “Tips mudik bersepeda motor…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s