Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Akan Menerjang Banjir.

Beberapa hari belakangan ini Jakarta mendadak menjadi laksana lautan. Intensitas curah hujan yang tinggi membuat sebagian kawasan terendam luapan air. Banjir. Dari yang hanya semata kaki bahkan ada yang mencapai atap rumah. :mrgreen: Sebagai pekerja, kecuali sakit dan alasan keluarga…saya mengharuskan diri untuk selalu on the camp alias hadir di kantor. Dan sebagai biker pejuang, banjir tidak serta merta memadamkan nyala api perjuangan demi berkobarnya sumbu sumbu dapur keluarga. Eaaaaaa…. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

muda grafika for wordpress 3

Baiklah…berbicara tentang menerabas banjir, ternyata nyali saja tidak cukup. Ibarat berperang…tentu dibutuhkan senjata yang ampuh, kesaktian yang mumpuni, dan strategi yang jitu. ๐Ÿ˜€ Pun demikian kala kita para bikers diharuskan berhadapan dengan banjir. Motor yang prima, skill yang terlatih, dan kemampuan mengantisipasi.

Nah, berdasarkan pengalaman saya…berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan…

1. Kenali medan.

banjir 1

Bahasa inteleknya observasi lapangan. ๐Ÿ˜€ Perkirakan batas psikologis kedalaman air yg bakal sampeyan terabas. Jangan main hantam. :mrgreen: Kendaraan atau bahkan orang yang melintas bisa menjadi bahan pertimbangan sampeyan. Sebetis, sedengkul, sepaha…sampeyan tentu bisa mengukur kesanggupan. Biasanya saya bermain di angka 30-40 cm kedalaman. Atau sepanjang karbu motor tidak sampai terendam air. Jika lewat dari itu…lebih baik saya minggir. ๐Ÿ˜€ Akan lebih mudah jika sampeyan familiar alias paham betul kondisi lapangan. Bagi yang terbiasa melintasi rute tertentu secara reguler, pastilah tak menjadi soal. Dimana ada garis kejut, ย warning lighting, penyeberangan liar dsb, bahkan setiap inchi kondisi jalan pastilah hafal diluar kepala. Dan…jangan lupa brader…bukan hanya genangan air yg akan dihadapi, tetapi juga lubang menganga. :mrgreen:

2. Motor dalam kondisi prima.

Sebenarnya ada 3 hal utama yang perlu diperhatikan saat motor hendak menerabas banjir. Busi, air intake dan knalpot. Melihat urutan…busi menjadi faktor kunci. Pastikan chop karet penutup/pelindung busi mencengkeram dengan sempurna dan presisi. Jangan biarkan ada rongga yang memungkinkan air masuk ke pengapian. Pada motor bebek tunggangan, saya mengakalinya dengan menambahkan lilitan selotip yang biasanya untuk pipa, pada badan busi.

muda grafika for wordpress 1 muda grafika for wordpress 2

Setelah masalah busi teratasi, kini air intake atau saluran udara masuk ke karburator yang kita perhatikan.

karburator Jupitermx

Jika sampai air intake ini kemasukan air, niscaya motor sampeyan akan ngadat dan mogok. Dan yang terakhir…knalpot aka saluran buang. Banyak biker yang menambahkan selang atau pipa diujung knalpot dengan harapan agar air tidak masuk.

banjir

Menurut saya yang demikian itu ga gitu banyak ngefek sih :mrgreen: Karena…selama engine meraung…kompresi padat bertekanan pada dapur pacu yang meluncur pada saluran buang…akan mendorong air yang akan mencoba masuk ke knalpot.

3. Skill

Hp3QynJSHx

Saat melintasi genangan air, motor mendadak akan menjadi liar. Kemudi akan terasa berat dan buangable alias bisa membantingkan diri. Sebentar berat kekiri, mendadak pula ngebuang ke kanan. Pendeknya balancing terganggu. Terlebih apabila kebetulan berpapasan dengan kendaraan berat, truk misalnya…maka motor seperti menerima hantaman berkilo-kilo,,seakan dihempaskan. Tentunya dibutuhkan skill atawa ketrampilan berkendara yang lebih untuk menjinak kan si jaran besi.

4. Tenang.

Sampeyan kudu fokus dan konsentrasi. Bukan hanya air yang akan sampeyan hadapi, tapi jebakan jalan yang berlubang. Abaikan lubang berjalan. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Dan…Jangan nekat menerabas banjir dalam keadaan perut lapar. Sampeyan akan mudah marah dan naik darah…hahaha…ngawur tenan. So…berhati hati dan waspadalah. :mrgreen:

banjir 2

Nah…itulah beberapa hal dari sedikit pengalaman saya bersahabat dengan air.

Monggo.. bagi pembaca yang kebetulan punya pengalaman yang sama dan ingin menambahkan.
Pungkasan…semoga banjir Jakarta kali ini cepat surut dan semoga saja ini menjadi banjir yang terakhir kali di ibukota republik ini. Amin.

#some image taken from google search

Advertisements

9 responses to “Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Akan Menerjang Banjir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s