Mengerikan…Kecelakaan Maut Pemotor Lawan Arah.!

Rasanya masih segar di ingatan kita semua, tentang pencanangan “Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas”. Tidak tanggung-tanggung, adalah sang RI 1 alias Presiden langsung yang berkesempatan menabuh gong genderang ajakan berkendara yang santun. Sang pucuk pimpinan tertinggi republik ini (mungkin) tergerak dengan tingginya angka kematian oleh sebab laka lantas ini.

Tetapi…entahlah, apakah memang sudah menjadi kebiasaan kita yang mudah lupa atau memang kita yang ga care, saya ga tau…mendadak kita dikejutkan dengan peristiwa laka lantas akibat dari salah satu pengendara yang melanggar aturan dan cenderung ceroboh. :mrgreen:

Seperti di warta kan oleh salah satu situs portal berita…Tragedi bermula dari Jalan Layang Non Tol alias fly over. Adalah sang pemotor yang nekad melawan arus lalin dengan dalih menghindari razia aparat. Damn! What wrong? Apapun alasan dan modusnya ini jelas Danger! Berbahaya! Baik si pelanggar maupun ekses yang ditimbulkan. Dan…memang benar, pemotor menabrak sebuah mobil yang sedang melaju di jalurnya.

152422_dua 152510_tiga

Sang boncenger yang kebetulan istri pemotor tersebut sempat terpelanting dan jatuh dari ketinggian fly over yang diperkirakan mencapai 18 meter. Tragisnya sang isteri yang sedang mengandung 8 bulan itu akhirnya tidak terselamatkan. Sungguh ironis memang, sang suami yang seharusnya menjaga dan melindungi isteri, secara ga sengaja justru mencelakakan. Apalagi dalam perkembangan kasus kecelakaan ini, aparat sudah menetapkan pemotor ini, belakangan diketahui bernama Faisal, resmi ditetapkan sebagai tersangka. Sudah jatuh tertimpa tangga, begitulah kata pepatah. :mrgreen:

Tapi…bagaimanapun sebabnya, kecelakaan ini sudah cukup membuat mata saya berkaca-kaca. Terharu? Sama sekali bukan! Saya cukup bisa merasakan bagaimana remuk redam perasaan sang pemotor jika mengetahui tragedi keluarga nya. Menyesal? Mungkin, tapi sudah terlambat.

Baiklah…disadari atau tidak ternyata disekeliling kita masih banyak Faisal Faisal yang lain. Bahkan sudah menjurus meresahkan. Ketika kita berniat menegur sekedar mengingatkan, mereka malah lebih galak dan garang. :mrgreen:
Lebih dalam tentang pemotor…dalam hal ketaatan pada aturan berkendara dan berlalu lintas…berdasarkan pengamatan sederhana, para pemotor ini terbagi dalam beberapa golongan.

1. Smart.

safety riding

Yaitu golongan yang paham dan mengerti aturan serta PATUH. Ini the best class. Kelompok terbaik. Sempurna dalam mengejawantahkan konsep Attitude, Skill dan Rules. Kelompok ini bahkan tidak segan dan sungkan selalu memberikan himbauan-himbauan tentang penting nya kesadaran diri dalam berkendara.

2. Pandir

nekadreltidak tertib49015motor naik trotoar

Kalo boleh saya istilahkan dengan pintar-pintar bodoh. Golongan ini rata-rata berkonsep tahu aturan dan larangan tapi tetap melakukan pelanggaran, dengan berbagai macam alasan. SIM punya, Safety Gear tercukupi tapi segala larangan berkendara diterabas. Menerobos lamer…hayoo, naik trotoar… okee, lawan arah…masuuk. :mrgreen: Golongan ini cenderung kalem dan lugu saat ada petugas di lapangan, tapi mendadak menjadi tak terkendali saat sang berwajib lengah. :mrgreen:

3. Stupid

alay1_thumbbalap-liar-jalan-raya

Yaitu golongan yang sama sekali tidak paham aturan serta larangan. Ini kasta terendah. Golongan ini terjebak dalam paham permissive society. Ideologi dimana semua nya serba boleh. Sudah SIM ga punya, aturan pun tidak paham. Kebal dengan berbagai macam teguran, himbauan serta ajakan perbaikan. Pendeknya golongan ini berprinsip sak enake udele dhewe. Acuh dan cuek terhadap keberadaan orang lain. Apatis.

Kalo demikian…bagaimana langkah kita untuk merubah keadaan? Tidak lain dan tidak bukan adalah dengan tetap mematuhi aturan yang ada. Tentunya kita sendiri juga sudah kadung stress dengan keadaan yang serba ruwet ini. Masalahnya disini kita mau apa nggak? Kita berniat apa tidak? Itu saja. Untuk hal perbaikan keadaan, selalu dimulai dengan pertanyaan…dari mana perubahan itu kita mulai? Jawaban nya dari diri sendiri dulu. Setiap orang menginspirasi. Hingga pada nantinya, kalo kesadaran diri sudah tertanam kuat pada setiap orang, perlahan tapi pasti segala macam keruwetan itu akan terurai. Pada akhirnya semua kembali ke diri kita masing-masing…karena hidup ini adalah pilihan, apapun pilihan nya tentunya punya konsekuensi baik kepada diri sendiri maupun sekitar.
Salam perubahan.

#some images taken from Google search and Pertamax7.com

Advertisements

4 responses to “Mengerikan…Kecelakaan Maut Pemotor Lawan Arah.!

  1. Pingback: Kemana Perginya Fitur Safety ini…? | Muda Grafika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s