Sejujurnya kita patut berterima kasih kepada para sopir truk. Berkat cucuran keringat Abang Abang, Mas Mas, dan Bapak Bapak sopir ini, (terutama di kota besar) kita bisa menikmati aneka hasil bumi seperti buah, sayur dan palawija. Berkat injakan pedal gas dan tarikan tuas persneling truk beliau-beliau inilah kita bisa menikmati sensasi berkendara lewat motor ataupun mobil yang mereka antarkan. Tetapi…sebuah fakta dan pengakuan mengejutkan dari sopir truk ini sempat membuat saya syok dan mendadak saya kehilangan selera makan.
Simak beberapa peristiwa berikut:
Beberapa testimoni:
Ane pernah juga ngomong sama sopir trailer.
Jadi kata dia: “daripada menyebabkan kecelakaan yg bisa timbul banyak korban,lebih baik satu nyawa melayang”. lho kok bisa.?
Jadi gini gan,supir trailer bisa saja ngerem mendadak apabila ada bikers atau pemotor yg jatuh di depannya.
Tapi apabila dia melakukan itu maka yg akan terjadi adalah,bagian belakang atau muatannya akan lari kekanan atau kekiri.
Bisa dibayangkan gan apabila di sisi kanan atau kiri banyak bikers atau pemotor,pasti akan terserempet atau tergilas.
Itu sebanya supir lebih memilih melindas bikers atau pemotor yg jatuh di depan atau disamping nya.
Dua pilihan yg sulit memang.!!
Truck segede gaban bisa jadi sahabat dijalanan kalau ente tahu aturan….ini pengalaman ane trans bkt – mdn bawa mobil kecil…ente kalau dibelakang truck jangan mepet…jaga jarak ±50-100M…truck segede gaban kalau misalnya ente mau mendahului dan itu truck ngasih lampu sein kanan…jangan coba2 mendahului…artinya ada kendaraan dari arah berlawanan….kalau ente mau mendahului truck…pake perhitungan matang….misal panjang truck 12M…panjang mobil 4M…itu artinya ente harus punya space untuk mendahului truck adalah 4-5X panjang mobil ente….kalau truck udah kasih lampu sein kiri dan lampu remnya menyala…segera ente kasih lampu sein kanan dan silahkan mendahului…sopir truck paham kode klakson 2X waktu mendahului…say thanks to truck driver yg udah ngasih ente jalan buat mendahului
kata temen ane yang pernah ngomong ke supir truk emang begitu.kalo seandainya (gak sengaja) tabrakan “diusahakan” korbannya meninggal biar gak banyak ganti ruginya..
kalo cacat bisa ratusan juta katanya..
sadis bener emang..
kalau supir bus punya prinsip begini gan…
“..daripada mengorbankan nyawa seluruh penumpang bus..lebih baik nyawa 1 atau 2 org naek motor yang hilang…” makanya kalau ketemu bus ugal2 an mending turun dari aspal ke tanah aja dah….soalnya para sopir bus juga lagi bawa nyawa banyak orang gan
motor atau kendaraan kecil juga jangan asal salip kalo ga mau tinggal nama..dah salah, ngotot.. itulah pengendara kendaraan kecil yang ane tau… logika sang sopir mending mati aja sekalian, daripada urusan panjang…yang jelas kalo bawa kendaraan, apapun jenis nya harus WASPADA dan SAFETY RIDING…
nih ane tambahin lagi info underground seputar dunia supir truk kalo menyikapi kecelakaan kayak gitu
ukuran truk itu kan besar? jadi kalo sampe berurusan sama polisi, alibi yg paling gampang (ini ane denger sendiri dari supir truk yg suka nongkrong deket rumah ane) adalah, “tidak kelihatan” !!
alasan ini bisa diterima mengingat ukuran truk memang besar dan sulit mengawasi tiap sudut truk setiap saat
jadi kalo ada yg terlindas, tinggal pake alasan itu aja
paling mentok mentok perusahaan yg punya truk itu kasi uang damai ala kadar nya ke keluarga korban, yang jelas sedikit lah, uang kerohiman namanya
kalo semisal keluarga korban ngotot mo perkarakan ke pengadilan juga gak bakalan menang, karena alasan “tidak kelihatan” bisa diterima oleh akal sehat nya hakim, pengacara, penuntut umum, panitera, dan semua nya. ujung2xnya diselesaikan diluar pengadilan biasanya. makanya kalo truk sering bunyiin klakson, jangan dianggap personal, itu justru mengingatkan kita betapa rapuhnya posisi kita di jalanan kalo berhadapan sama truk. justru kita musti ngalah kalo truk sampai bunyiin klakson ke kita. itu pesan moral yg ane tangkap gan. cobalah ente bayangin berada di posisi supir truk, gak gampang loh mengendalikan monster sebesar itu di jalanan. apalagi biker kita terkenal suka asal belok tanpa kasi lampu sign dulu.
ane pernah tuh liat istri mbonceng motor yg dikemudikan suami nya di parung bogor, kelindas truk, ibu itu yg kena perut nya, suaminya selamat. tau gak? itu yg namanya usus berhamburan keluar semua campur sama cairan kuning (lemak perut nya). badannya nyaris putus jadi 2, tapi masih hidup meregang nyawa sambil nyebut ” Ya Allah, aku gak mau mati kayak gini” berulang kali. suami nya shock diam aja di sudut jalan gak ngomong apa apa kayak org linglung, nolong aja enggak tuh suami nya. asli serem gan, udah kayak daging cingcang tapi masih bisa ngomong dan gerak gerak, apa gak serem tuh? sama warga setempat buru buru di masukin ke mobil dibawa ke rumah sakit tapi katanya meninggal dalam perjalanan. nah pas supir truk nya di tanya polisi, jawabnya ? gak ngeliat ada yg masuk ke kolong truk kontainer dia, gitu jawabnya.
itu semua bener gan, bokap ane buka usaha ekspedisi dan menurut supir itu lebih baik di matiin sekalian daripada cacat seumur hidup. karna bakalan jadi beban pengeluaran ke supir dan perusahaan itu sendiri gan. belum lagi nanti per berapa bulan check up. kalo cacat gan belum ke urusan polisinya. memang sih gan walaupun si korban ga meninggal atau harus rawat jalan nanti nya bakalan menuntut ganti rugi yg lebih dari kontrak antara si korban dengan perusahaan tentang ganti rugi. oh iya satu lagi, supir ekspedisi yg perusahaannya masih belum besar itu gaji nya dari uang jalan gitu gan, istilah nya di borong habis. kalo ada musibah di jalan itu supir harus backup perusahaan nya gan. kalo boleh di pekiwan gan
tambahan gan, beban yg dipikul supir itu banyak gan selain muatan mereka juga mikul kehidupan supirnya makanya itu yg bikin supir ugal ugalan
Sebenernya kecelakaan itu cm 1 aja kok gan..
Yaitu feeling terhadap blind spot nya masih tdk ada..ini yg kerap terjadi dr semua kendaraan bermotor..
Apaa lg truk trailer yg panjang nya sampe 12 meter
Jangkauan mata ke depan itu minim..jd bener2 hrs kuat dan tetap safety riding..
Tips dari saya buat pengendara kendaraan… khususnya motor.
1. Jgn pernah berhenti mendadak didepan truk muatan berat di bawah 12 meter,sesungguhnya anda telah mati jika melakukaan itu…bila anda tidak mati maka sekitar anda yg jadi korban.
2. Kami driver truk berat berbeda dgn bus malam. Kecepatan kami terbatas bahkan kaami masih kalah cepat dgn maho naik skuter ga jelas.
3. Jika kami terkena macet tolong liat kami, dan jgn memaki kami karna pelan nya truck kita liat lebih jelas mata kita pasti merah kami selalu antisipasi jika motor atau mobil nyelonong di depan kami pasti siaga dan tanpa terlena mta ini terus memandang anda dan aspal di sepanjang jalan.
4. Baca selalu lampu sein kita kemana arahnya…
5. Selalu hidupkan lampu belakang motor anda
6. Jgn pake lampu putih
Cara ngerjain sopir truk ato bis ugal2an…
1. Pecahin spion kirinya nya maka dia akan buta sang driver
2. Jgn pernah melempar kaca truk/bis ugal2an dgn batu secara langsung,karena ga bakal pecah kalo tidak terkena titik pusat kelemahan kaca tersebut…cukup anda lemparkan batu secara ngambang ke arah langit biarkan kendaraan tsb menabrak batu tsb dan lihat hasilnya…di utamakan pas kenceng larinya truk /bis tsb.
3. Anda tembak dgn lampu berwarna kuning terang maaka sang sopir akan buta sesaat 4-6detik
4. Hati2 memory driver truk muatan berat memory nya hebat.
Sebuah testimoni dari sisi lain yang seharusnya kita tau dan antisipasi. Bisa dikatakan uraian diatas ini adalah sisi kelam dari para Sopir truk. Tidak semua memang, tapi senggaknya bisa menjadi pembelajaran buat kita semua. Terutama para bikers seperti kita ini menjadi istimewa…dikarenakan karakteristik kebanyakan bikers kita yang universal malah ada yang agak cenderung nakal. 😦
So…keep safety riding and be smart driver.
# disarikan dari The Largest Indonesian Community
serem amad iki gan
saya rasa pernyataan sotoy banget :: “Jadi gini gan,supir trailer bisa saja ngerem mendadak apabila ada bikers atau pemotor yg jatuh di depannya.
Tapi apabila dia melakukan itu maka yg akan terjadi adalah,bagian belakang atau muatannya akan lari kekanan atau kekiri.”
pol
Espargaro 😀
paling bnter ane brani nyalip truk roda 10 kalo dlam jrak yg trbilang dket…kalo truk roda 18 mah awas2 ane mahhhh……..
iya bener, gue jdi inget dulu waktu SMP udah denger kabar ginian dari supir truck yang sempet ngobrol ama ibu gue, gue pikir jahat amat, tapi emang ya bgitu, kasia juga kemerekanya, mungkin kita yang harus sama-sama mengerti dan gak egois berkendara dijalanan.. kudu sabar emang ya kalo macet gara2 truck jalannya lelet amat, horor juga kalo ditanjakan, katanya truck bisa mundur gitu, tapi gue lupa alasannya knapa 😀
dan skarang gue kuliah bawa motor, kadang suka lupa kalo ada truck.. apalgi kalo udah bepergian jauh yang dominan jalanannya banyak truck..
thanks udah ngingeti lagi gan..
Siip…jaga jarak aman. Ukur kemampuan. Kalo bisa mendahului, salip aja. Kalo ga mampu, mendingan ngalah #suwun
coba main game HARD TRUCK…………..digame itu, ternyata tidak mudah membawa/menyupir truck……apalagi di turunan dan atau tanjakan……….
atau King Of The Road II
serem..sy suka salah tingkah klo ketemu truk. ngeri jg klo sampe kejadian kya gini. trims infonya sgt bermanfaat.
Salah tingkah=galau gitu ya bro.. 😀
Ooo… jadi itu alasan truk tetep melaju walaupun ada yg jatuh.
Begitu juga kalau akan nyebrang jalan. Saya lebih baik mengalah kalau yang lewat adalh truck. Biarkan mereka lewat dulu.
Kalau mobil mewah, rem nya pasti bagus. Kalau truck, apalagi bermuatan berat, mereka berpikir dua kali untuk nge-rem mendadak.
Iya…truk ngerem mendadak itu mustahil langsung berhenti, apalagi bermuatan berat. Bisa bisa master remnya pecah bro… Sing penting ngalah wae kang 😀
mungki spt itu jg prinsip para pramudi busway..parah!
Mungkin karena busway (Transjakarta) itu udah resmi berada di trek nya, sama seperti kereta api. Dan itu lintasan otoritas, hanya yang berhak yang boleh di jalurnya. Legalitasnya ada dalam Perda. Hanya mungkin saja satu atau dua pramudi kadang agak “sembrono” terutama di perlintasan, traffic light dsb. #CMIW
truk itu lo lg kosong bsa kaya mobil. tp lo lg muatan ampe kaya gerobak bos. so harap maklum .
harusnya jalur kendaraan2 besar itu sendiri,dan ga boleh ada kendaraan kecil atau yg laen masuk.semua bisa di cegah.ini salah sistem aja yg mengedepankan untung untung untung tanpa mikirin kemaslahatan sesama.ya beginilah negara kita.kalau bukan kita yg rubah,siapa lagi.kalo bukan sekarang,kapan lagi.hihihihi.
Sipp…mari mulai dari diri sendiri dulu.
jaga keselamatan,. kalau mau ugal2an, juga harus “mantap”?
motor/mobil sehat,..
waspada,..
dan do`a sangat penting untuk keselamatan.
Reblogged this on Mibad and commented:
Asli ini pengakuan dari para supir truck yang baru saya tau… semoga bermanfaat, terimakasih atas postingannya.
Sama sama
Tulisannya bermanfaat. Tapi serem banget ya.
OOOhh…
tiba2 pusing pas udah baca. langsung kasih tau papa , adik dan orang2 terdekat
kalian kan gak pernah nyoba jadi supir truk, maka ny kalian bisa bilang gitu..
kebnyakan yang ada itu malah pengendara mobil pribadi dan sepeda motor yang ugal-ugalan..//
betul tuh gan,kita harus lebih hati2 dlm berkendara…sayangilah nyawa kita…. biar lambat asal selamat….inga inga anak…pacar.. suami…istri..ortu…pembantu…menunggu di rmh…waspadalah….waspadalah
Sipp… 😀
wah kemarin hampir aja kejadian depan kios depan mata saya,jalanan ancur terpaksa pengendara hati2 dan pelan2,termasuk pengendara motor yg tiba2 ngerem hindari mobil didepanya,pas dibelakangnya ada truk molen, tinggal berapa cm aja, alhamdulillah masih dikasih selamat tuh orang
Bahaya mengintai dari kecerobohan… #suwun
Gass poll gan
Rem poll bro… 😀
Izin nyimak,..
Monggo…
tapi sadarkah anda,sebagian besar manusia indon bawa truck berasa bawa sedan? :))
“indon” ntu daerah mana gan?, stau sy yg ada “INDONESIA”
Reblogged this on caturnugraheni.
Penguna motor… terutama (sorry to say) orang desa yg taunya cuma gas sama rem & abg labil yg sok nyawanya ada 9 mereka kadang keterlaluan dan ga bisa mikir dan memahai kondisi truk & supir truk bahwa truk gede ga bisa ngerem mendadak langsung berhenti, mereka butuh ngerem dari jauh buat berhenti pas dimana posisi mereka mau stop, kejadian yg sering terjadi motor nyalip truk tiba2 ngindarin sesuatu ngerem mendadak, si truk ngerem tapi keburu kelindes duluan motornya. kondisi kedua truk itu tinggi n panjang, spion buat ngliat body belakang kadang ngga mencakup semua area jadi kadang motor / mobil kecil yg ada disampingnya suka pada kesengol, makanya motor jangan suka mepet2 n klakson biar supir tau n hati2. yg sering kejadian di kondisi ini adalah motor di tengah2 body truk kesengol jatoh kelindes sopirnya ngga tau
kondisi diatas kadang juga menimpa pengguna mobil, benci banget sama pengendara motor terutama abg alay ugal2an kalo keserempet ngajak ribut, kalo nabrak org macam ini mending angan nanggung2
setuju sama sista… (y)
Apresiasi setinggi tingginya buat para pembaca yang sempat menitipkan unek-unek di kolom komentar maupun yang mantau saja alias “silent rider”. Jujur saja, penulis sempat kewalahan dengan banyaknya tanggapan yang beragam dan mohon maaf jika tidak sempat membalas komentar satu persatu.
Yang perlu diingat adalah disini penulis hanya ingin berbagi tanpa bermaksud menggeneralisir dan menjustifikasi baik secara individu maupun kelompok.
Semoga ada hikmah dan moral cerita yang positif yang bisa diambil.
Salam safety.
Ya waspada aja gan di jlan….btw kya nya ane prnh baca nih thread
Sip
daku juga pernah dengar pengakuan serupa dr sopir2 yg daku kenal. serem memang. dan dilemati(s)..
tp daku juga percaya sopir ttp manusia baik,..yg kadang merubah menjadi ‘tidak baik’ adalah keadaan, mungkin..
Bapakku dl udh prnh nyetir truk muat pasir kalo ga salah, baru sekali, terus ada mobil pick up kecil mendahului terus berhenti ketemu orang ngobrol, bapakku udah ancang2 ngerem tapi ga bs ngerem mendadak krn memang ga bs, mobilnya kesundul
Izin Reblog ya, ke http://fino-monteiro.blogspot.com/
Terimakasih,,
Monggo… 😀
HUKUM DI JALANAN
KALAU TIDAK NABRAK YA DI TABRAK
Salah itu gan. Hukum jalan itu kalo gak selamat ya masuk kuburan atau rumah sakit
Berhahti hati akan lebih baik.. selalu juga berdoa saat melakukan aktifitas….
wah ternyata begitu ya,, informasi yang penting ini.. izin share ya om
Mengerikan juga…. Lebih hati2 aja kakak 😀
Thanks for watching!!!
info ini sngt bermanfaat.
Thanks for watching!!!
info ini sngt bermanfaat.
Mantap gan…
Bener tuh emang gtu..
Abang ane jg supir trailer roda18 blngnya gtu..
Sodara ane supir bus pantura blngnye gty…
So keep safety first & safety riding
Semua pekerjaan ada resikonya, sopir truk-bus mereka juga gak niat matiin orang, karna keadaan saja yg mengharuskan mereka melakukan hal itu, kita sama2 pemakai jalan, sama2 punyak hak dan kewajiban, sama2 bayar pajak, ya kalo kewajiban pajaknya sdh dibayar sesuai kendaraan ya pakailah hak anda sesuai kewajiban yang anda bayar. bayar kewajiban pajak roda 2 tentunya hak yang dipakai sesuai dengan roda 2, bayar kewajiban pajak roda 18 tentunya hak yang dipakai sesuai dengan roda 18. salam SR bro. (iki dudu dalane mbahmu, biasa wae)
Pingback: Pengakuan Mengejutkan Tentang Para Sopir Truk… Bikers Waspadalah! - Akhwat Muslimah
Mantap …trimkasih info nya brmanfaat bgt….
terimakasih infonya ya
toko celana hernia pria dan wanita
http://www.tokocelanahernia.com/
sudah bukan rahasia lagi, aaya juga begitu walau saya bukan sopir truck. kl ada spda motor atau orang yang nyabarng secara tiba2
bapak ane menasehati ane begini..lebih bahaya jalanan pantura di banding sumatera..di sumatera belok2 jdi driver2 pada waspada..klo di pantura lurus dan membosankan dan kalau nyalip truk di pantura harus di perhitungkan dngn matang..telat dikit nabrak sma mbl di depan
Mantapppppppllll